• Latest News

    Kamis, 11 April 2013

    Resep cara membuat TINUKTUK sambal khas Simalungun



    Tinuktuk merupakan  makanan Khas dari Simalungun, Sama seperti jenis makanan batak lain yang bercita rasa pedas, Tinuktuk juga memiliki rasa yang sedikit ”menggigit” hal ini tak lain karna bahan utamanya adalah Jahe Merah dan Kencur. Rasanya pedas, panas dan sebagaimana sambal pada umumnya, ia cocok untuk menambah nafsu makan.

    Tinuktuk sangat lah popular di Simalungun, terutama bagi ibu-ibu yang melahirkan. Tinuktuk mempunyai khasiat mirip-mirip dengan jamu. Dan ini bukan sembarang jamu seperti sekarang, yang kadang-kadang sudah bercampur dengan bahan kimia. Tinuktuk tidak. Semua bahan-bahannya sangat alami
     Selain penambah nafsu makan, yang diperlukan oleh sang ibu yang akan menyusui bayinya, tinuktuk juga berkhasiat menambah daya tahan tubuh. Tinuktuk juga bisa membantu menghangatkan badan dari cuaca yang tidak bersahabat .
    Berikut Cara membuat Tinuktuk 
    Bahan
    Kencur 1/4 kg (dikupas dan diiris)
    Jahe Merah 1/4 kg (dikupas dan diiris)
    Bawang merah secukupnya (dikupas dan diiris)
    Bawang putih secukupnya (dikupas dan diiris)
    Lada hitam 1/2 muk kecil
    Kemiri 20 biji (dikupas)
    Garam secukupnya
    Bawang Batak 1 ikat (tanpa daun)
    Buah Kincung (Sihala) secukupnya
    Cara Membuat
    Bahan-bahan yang ada digonseng secara terpisah, menjadi tiga kelompok:
    1. Lada dan garam digonseng, tidak usah sampai hitam
    2. Kemiri digonseng
    3. Kencur, jahe merah, Bawang Merah, Bawang Putih dan Bawang Batak digonseng.
    Kemudian semua bahan yang sudah digonseng itu ditumbuk (diulek) masing-masing terpisah menurut kelompoknya. Setelah ditumbuk halus, ditampi dengan nyiur untuk mendapatkan serbuk paling halus. Serbuk sisanya yang masih kasar, diulek lagi hingga halus sekali. Begitu seterusnya.
    Bahan-bahan yang sudah diulek ini kemudian disatukan dan ditumbuk lagi secara bersama-sama.
    Terakhir, buah incung atau sihala, ditumbuk, diperas dan air hasil perasan itu menjadi semacam cairan asam bagi tinuktuk yang sudah jadi.
    Hasilnya adalah sambal tinuktuk yang kurang lebih memenuhi sebotol teh botol. Awet lebih kurang 2 bulan bila disimpan di dalam kulkas.
    Saat ini Tinuktuk juga sering digunakan sebagai bumbu tambahan pada makanan seperti apda masakan sayur, Mie Instant dan lain sebagainya.
    Apalia kita ingin mencoba nya bias kita dapatkan di pasar tradisioanal Tiga Raya / Pematang raya, Biasanya Tinuktuk dikemas di dalam sebuah botol atau plastik.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Resep cara membuat TINUKTUK sambal khas Simalungun Rating: 5 Reviewed By: Horas Simalungun
    Scroll to Top

    Powered by themekiller.com