• Latest News

    Jumat, 26 April 2013

    Waria turut meriahkan HUT ke 142 kota Pematang Siantar


    Perhatian warga Kota Siantar yang berada di sekitar Jalan Pantoan, Kecamatan Siantar Timur, Kamis (24/4) sekitar pukul 13.00 WIB tertuju kepada 3 orang waria yang menyanyi dan menari di beram jalan menggunakan pakaian adat. Tak sedikit masyarakat yang turut berjoget bersama dengan 3 waria tersebut.
    Salah seorang waria yang mengaku bernama Desi mengatakan, aksi ngamen menggunakan pakaian adat serta lagu-lagu daerah yang dinyanyikan mereka untuk mengajak serta mengimbau masyarakat agar lebih antusias dalam menyambut HUT Siantar yang ke-142.
    Di mana, selaku putra Siantar terkesan kurang aktif ataupun kurang antusias memperingati hari jadi tempat kelahiran mereka sendiri. Selain itu, melalui kegiatan ngamen, mereka berharap warga Siantar dapat lebih menghargai budaya yang merupakan warisan leluhur.
    “Saya sengaja menggunakan baju adat Bugis yang dikombinasikan dengan Ulos Batak agar warga tau bahwa budaya merupakan aset yang sangat berharga yang dimiliki bangsa Indonesia,” akunya.
    Aksi ngamen itu mereka dilakukan sekali dalam setahun, khususnya menjelang perayaan hari-hari penting di berbagai daerah di Indonesia. Lebih lanjut dikatakan Desi, selama ini dia dan dua temanya berdomisili di Jakarta.
    Di sana mereka memiliki komunitas yang dinamakan Persatuan Waria Jakarta (Perwajak). Melalui komunitas tersebut, para waria yang tergabung di dalamnya aktif mensosialisasikan nilai-nilai moral dan sosial kepada masyarakat dengan berbagai cara, termasuk ngamen.
    “Kami punya komunitas di pusat Bang. Hanya sekali setahun kami turun ke daerah-daerah,” tambah Desi. Melalui komunitas itu, 30 orang anggota Perwajak dibebaskan untuk mencari uang melalui ngamen dengan catatan, mereka harus senantiasa mengkampanyekan nilai-nilai budaya kepada masyarakat yang mereka temui. Dengan demikian, diharapkan sudut pandang masyarakat tidak terlalu negatif dengan waria.
    “Selain menunjukkan nilai budaya, kita juga mengajak waria yang ada di Kota Siantar agar mencari nafkah melalui kegiatan yang halal, seperti mengamen atau lain sebagainya,” katanya sebelum berlalu ke tepat lain sembari berharap agar nantinya tidak ada lagi stigma negatif masyarakat terhadap waria. (eko)

    sumber : metro siantar
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Waria turut meriahkan HUT ke 142 kota Pematang Siantar Rating: 5 Reviewed By: Horas Simalungun
    Scroll to Top

    Powered by themekiller.com