Searching...
Rabu, 19 Juni 2013

Pesta Rondang Bittang XXVIII Simalungun 2013

Pesta Rondang bintang ( Rondang Bittang berarti : Bulan Purnama) merupakan salah satu pesta seni budaya rakyat simalungun yang dulunya dilaksankan pasca panensebagai ucapan rasa syukur.

Tradisi Simalungun mengenai marsiolop ari artinya memberi waktu membantu di ladang lain, begitu pula sebaliknya. Rasa kebersamaan inilah yang jadi asal mula pesta rondang bittang. Moment Rondang bittang juga kerap dijadikan sebagai ajang mencari jodoh oleh para muda-mudi, juga membina semangat gotong royong antar sesama warga. Lahirnya Pesta Rondang bintang tak lepas  dari potensi alam  simalungun dalam segi pertanian (agraris)

Pada Pesta Rondang (PRB) bintang ditampilkan berbagai kekayaan seni budaya simalungun, seperti tortor- gual, dihar, taur-taur dan lain sebagainya, hal ini merupakan salah satu wujud pelestarian adat dan budaya tradisional simalungun.

Disamping pagelaran seni budaya simalungun , pada acara pesta rondang bintang juga diadakan perlombaan antara nagori/kampung/kecamatan yang ada di Simalungun.

Pesta Rondang Bittang diadakan sekali dalam setahun dan di selenggarakan bergantian di kecamatan kecamatan di Simalungun

Pesta Rondang Bittang tahun 2013 merupakan pesta rondang bittang yang ke (28) XXVIII yang akan diselenggarakan di saribudolok, Kecamatan Silimiakuta pada tanggal 22-29 Juni mendatang bertempat di lapangan Seribu Dolok. Acara Pesta Rondang Bittang (PRB) XXVIII akan dimeriahkan oleh artis artis simalungun. uniknya dalam peneyelnggaraan Pesta Rondang Bittang tahun ini,rencanaya akan dilakukan pemecahan rekor MURI untuk Pemakaian Pakaian Adat Simalungun, oleh sebab itu kepada para pengunjung khususnya warga Simalungun diharapkan untuk mengenakan Pakaian adat Simalungun, sebagai salah satu bukti kecintaan kita terhadap Simalungun dan juga untuk Mensukseskan Pemecahan Rekor Muri ini.

Berikut ini Informasi Mengenai Pelaksanaan Pesta Rondang Bittang XXVIII  
Pembukaan

Hari : sabtu
Tanggal : 22 juni 2013
Waktu :  08.00 - 24.00 wib


Penutupan.

Hari : Senin

Tanggal : 29 juni 2013 Pematang Rayatanah lapang seribu dolok

Hiburan : dimeriahkan oleh artis-artis top simalungun.

Mari Kita Meriahkan Pesta Rondang Bittang XXVIII, ajak sanak saudara untuk datang menyaksikan budaya dan seni Simalungun.

0 komentar:

Poskan Komentar