• Latest News

    Rabu, 05 Juni 2013

    Tinuktuk, makanan tradisional dari Simalungun bantu pemulihan penyakit




    Bagi orang Simalungun,tentunya sudah sangat mengenal salah satu makanan/ sambla khas simalungun dengan sebutan Tinuktuk, Asal muasalanya, disebut tinuktuk, diambil dari cara pembuatan penganan yang menghangatkan tubuh ini. 'Ti' artinya adalah 'yang', sementara 'nuktuk' artinya di haluskan dengan menggunakan batu giling yang digerakkan tangan. "Saat ini sudah menggunakan lesung kayu, kalau dulu pakai batu dihaluskan,"

    Tinuktuk, Makahan khas simalungunMakanan tradisional yang satu ini, saat dikonsumsi akan menambah selera makan. Air liur terasa mengalir kencang dari sela-sela gusi kita. Makanan yang terbuat dari rempah seperti beras gongseng (beras sinanggar), bawang putih, bawang merah, bawang batak, serai, Lengkuas, kemiri, garam,  jahe, kencur, lada, andaliman, dan lampuyang.

    Masyarakat Simalungun sangat akrab dengan makanan yang biasa disajikan berupa sambal saat makan. Rasa hangat akan terasa dalam tubuh saat penganan yang telah turun temurun dipercaya memiliki khasiat menyehatkan ini.

    Tinuktuk juga sering digunakan untuk pemulihan Ibu yang baru bersalin.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Tinuktuk, makanan tradisional dari Simalungun bantu pemulihan penyakit Rating: 5 Reviewed By: Horas Simalungun
    Scroll to Top

    Powered by themekiller.com