• Latest News

    Rabu, 25 September 2013

    Dayok Nabinatur, Makanan Khas Simalungun

    Dayok Nabinatur, Makanan Khas Simalungun
    Setiap suku tentunya memiliki makanan khasnya masing masing. Demikian pula dengan Simalungun, ada beberapa jenis makanan yang merupakan khas dari Simalungun. Salah satu diantaranya adalah Dayok Nabinatur, jika diartikan secara langsung ke dalam bahasa Simalungun, Dayok Nabinatur bisa diartikan , Ayam (Dayok) yang disusun secara Teratur (Nabinatur). Pengertian dari "disusun" yaitu cara memotong bagian tubuh  dari ayam yang teratur dan disusun dalam sebuah tempat penghidang dengan susunan yang teratur layaknya seperti susunan Ayam tersebut ketika masih hidup. 

    Dayok Nabinatur biasanya dihidangkan pada saat acara-acara adat ataupun acara keluarga. Dayok Nabinatur memiliki filosofi/ tujuan agar kehidupan kita menjadi teratur seperti keteraturan dari masakan ayam yang sudah diatur sedemikian rupa. Dayok nabinatur biasanya di Surdukkan (diberikan) kepada seseorang (sekelompok orang) sebagai bentuk/wujud terima kasih dan raya syukur serta doa agar yang menerima diberikan kesehatan oleh Tuhan,  memiliki "keteraturan" di dalam kehidupan,  dan memiliki semangat dalam menjalaninya. Dalam proses memberikan Dayok Nabinatur ini sering di sebutkan kata kata seperti, "Sai andohar ma songon paratur ni Dayok Nabianur On...." yang artinya semoga seperti keteraturan dari ayam yang diatur ini...."

    Sesuai namanya Dayok Nabinatur, tentunya Makanan ini merupakan Olahan makanan yang terdiri dari Daging Ayam yang diolah dengan berbagai jenis rempah/bumbu, Biasanya Ayam yang digunakan adalah Ayam Jantan Kampung , Ayam jantan sebagai simbol dari kegagahan, kekuatan, semangat , kerja keras, pantang menyerah dan kewibawaan. 

    Umumnya Dayok Nabinatur diolah dalam dua proses memasak, yaitu Dipanggang dan juga Digulai (Ilompah). Berikut ini Tips/ Resep Cara Membuat Masakan Dayok Nabinatur Khas Simalungun.

    Bahan-bahan / Bumbu  :
    1. Ayam Kampung 1 kor
    2. Sikkam/Holat  (Kulit batang daun salam)
    3. Kelapa parut 1 buah
    4. Lengkuas 2 cm
    5. Jahe 1 cm
    6. Serai 5 batang
    7. Bawang merah 5 siung
    6. Bawang putih 2 siung
    7. Daun salam secukupnya
    8. Lada secukupnya
    9. Cabe merah/rawit secukupnya
    10.Darah ayam yang di sisihkan (jika tidak bisaa menggunakan darah, cukup dengan santan yang dicampur dengan perasan sikkam)

    Cara Membuat :
    A. Untuk Ayam 
    1. Setelah ayam disembelih, bagian ayam dipotong sesuai dengan susunan bagian tubuh ayam
    2. Ambil daging pada bagian dada ayam (untuk di cincang halus jadi Hinasumba),sisihkan
    3. Haluskan semua bumbu-bumbu (lengkuas,jahe,bawang merah,bawang putih,lada)kecuali serai cukup memarkan saja.
    4. Tumis bumbu yang telah di haluskan ,batang serai dan daun salam di dalam kuali kemudian masukkan potongan daging ayam besrta bagian dalamnya yang telah di bersihkan.
    5. Tunggu kurang lebih 10 menit(setengah matang),kemudian masukkan kelapa parut yang sudah di sangrai terlebih dahulu.Biarkan selama  30 menit sampai ayamnya matang,lalu angkat.

    Dayok nabinatur juga dipadukan dengan makahan khas simalungun yang lain yaitu Hinasumba, yaitu Makanan yang terbuat dari Olahan daging ayam yang dicincang dan diramu dengan bumbu/rempah.

    Demikianlahs ekilas pembahasan mengenai makanan khas Simalungun , Dayok Nabinatur. Semoga bermanfaat.

    **Mengenai resep dan pembuatan Dayok nabinatur mungkin ada beberapa perbedaan resep , bisa disesuai dengan taridisi keluarga/kreasi masing masing


    Horas Simalungun.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Dayok Nabinatur, Makanan Khas Simalungun Rating: 5 Reviewed By: Horas Simalungun
    Scroll to Top

    Powered by themekiller.com