• Latest News

    Rabu, 28 September 2016

    Pesta Rondang Bittang 2016 diadakan di Parapat

    Dahulunya Rondang Bittang Merupakan salah satu budaya yang di pegang oleh masyarakat Simalungun yang dulu di kenal dengan tradisi marsiolop air yaitu tradidi yang dimana masyarakat saling memberi waktu untuk membantu di landang yang lainnya.

    Dari rasa kebersamaan inilah yang menjadi salah satu lahirnya asal mula pesta rondang bittang. Dan hingga sekarang pesta rondang bittang masih diselenggarakan. Kali ini pesta Rondang Bittan untuk memeriahkan acara di Hari Olahraga Nasional ( HORNAS ).

    Pesta Rondang Bindang ( PRB ) Ke 31 ini memang direncanakan untuk menyemarakan acara Hari Olahraga Nasional. Acara Tersebut akan berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 28 sampai dengan tanggal 30 September 2016 bertempat di Parapat

    Untuk memeriahkan acara ini Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas Pemuda dan Olahraga mengadakan rapat pada tanggal 21 September 2016 di Kantor Dinas Pemuda Dan Olahrga yang berlokasi di Pamatang Raya.

    Dalam mempersiapkan acara ini pihak Pemerintah Kabupaten Simalungun menggundang seluruh pimpinan Kemacamatan, dan Kontingen seluruh Kabupaten Simalungun juga akan mengikuti acara tesebut. Ada beberapa rangkaian kegiatan yang nantinya memeriahkan acara Pesta Rondang Bittang. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang ada dalam Pesta Rondang Bittang :

    • Rias Pengantin Adat Simalungun Dengan Sentuhan Busana Modern
    • Lomba Vokal Solo
    • Lomba Vocal Grup
    • Marjalekkat
    • Masselepper
    • Hagualon

    Acara tersebut tentunya pasti meriah dan pada puncak acara pada tanggal 30 September 2016, akan diadakan lomba lari marathon yang akan di ikuti oleh seluruh siswa sisiwi SMP dan SMA se Kabupaten Simalungun. Jarak tempuh dalam perlombaan tersebut mulai dari 5 kilometer. Setiap kecamatan memiliki kontigen 10 siswa.

    Lokasi yang ditentukan pun tidak hanya menawarkan keindahan alam tersendiri namun juga mengembangan wawasan pariwisata Danau Toba yang kini merupakan salah satu destinasi wisata bertaraf internasional.

    Iya memang sekarang pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten sedang bekerja sama dalam mengembangkan setiap potensi yang ada di danau toba. Oleh hal itu mari kita ikut serta dalam acara Pesta Rondang Bittang yang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional. Jangan lupa acara tersebut di mulai pada tanggal 28 sampai dengan 30 September 2016.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Pesta Rondang Bittang 2016 diadakan di Parapat Rating: 5 Reviewed By: Horas Simalungun
    Scroll to Top

    Powered by themekiller.com