• Latest News

    Senin, 03 Oktober 2016

    5 Jenis Makanan Khas Simalungun

    Setiap daerah tentunya memiliki makanan khasnya, demikian juga dengan etnis simalungun, sebagian jenis makanan khas ini biasanya dibuat pada acara adat baik sukacita maupun dukacita. Berikut ini beberapa makanan/masakan khas simalungun yang dihimpun oleh tim simalungun.info.

    1. Dayok Nabinatur

    Jika diartikan secara langsung ke dalam bahasa Simalungun, Dayok Nabinatur bisa diartikan , Ayam (Dayok) yang disusun secara Teratur (Nabinatur). Pengertian dari "disusun" yaitu cara memotong bagian tubuh  dari ayam yang teratur dan disusun dalam sebuah tempat penghidang dengan susunan yang teratur layaknya seperti susunan Ayam tersebut ketika masih hidup. 

    Dayok Nabinatur biasanya dihidangkan pada saat acara-acara adat ataupun acara keluarga. Dayok Nabinatur memiliki filosofi/ tujuan agar kehidupan kita menjadi teratur seperti keteraturan dari masakan ayam yang sudah diatur sedemikian rupa. Dayok nabinatur biasanya di Surdukkan (diberikan) kepada seseorang (sekelompok orang) sebagai bentuk/wujud terima kasih dan raya syukur serta doa agar yang menerima diberikan kesehatan oleh Tuhan,  memiliki "keteraturan" di dalam kehidupan,  dan memiliki semangat dalam menjalaninya. Dalam proses memberikan Dayok Nabinatur ini sering di sebutkan kata kata seperti, "Sai andohar ma songon paratur ni Dayok Nabianur On...." yang artinya semoga seperti keteraturan dari ayam yang diatur ini...."

    2. HINASUMBA

    Hinasumba merupakan salah satu masakan Khas Simalungun yang banyak disukai. Hinasumba dibuat dari olahan daging ayam yang dicincang dan diramu dengan rempah khas simalungun.


    4. LABAR
    Labar merupakan makanan khas Simalungun dengan bahan olahan ubi (ketela pohon) dengan bumbu khas simalungun dan tambahan daging ayam, Makanan ini sering disandingkan dengan Minuman Tuak. 

    4. NITAK

    Nitak merupakan menu makanan khas Simalungun, Sumatera Utara. Masyarakat Batak Toba menyebut makanan ini dengan nama itak. Jenis Makanan ini berbahan dasar beras, makanan ini tidak bisa dijumpai sehari-hari. Biasanya hanya disajikan pada saat acara adat simalungun tertentu.

     5. TINUKTUK
    Tinuktuk merupakan  makanan Khas dari Simalungun, Sama seperti jenis makanan batak lain yang bercita rasa pedas, Tinuktuk juga memiliki rasa yang sedikit ”menggigit” hal ini tak lain karna bahan utamanya adalah Jahe Merah dan Kencur. Rasanya pedas, panas dan sebagaimana sambal pada umumnya, ia cocok untuk menambah nafsu makan. 
    KLIK UNTUK MENDAPATKAN RESEP TINUKTUK

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: 5 Jenis Makanan Khas Simalungun Rating: 5 Reviewed By: Horas Simalungun
    Scroll to Top

    Powered by themekiller.com